Semester Final Test
Course: Foundation of ICT in Education
Credit: 3 SKS
Times : Sunday at 07.30 to 24.00
Lecturers: Prof. Dr. M. Rusdi, Prof. Yundi Fitra and Dr. Syamsurizal
1.There are several the key elements which play an important role as driving forces of ICT in the learning process. Explain the role of each elements and their relationship one another for ICT-based learning.
2.To ensure continuity of distance education in school and the graduates acquire an acknowledgment from the community and stakeholders. It is required quality standards in the implementation of distance education. Suggest some quality standards that are absolutely needed for distance education in school.
3.In order to design an Internet-based learning environment more conducive. It should be redesigned the online activities such as: courses, assignments and evaluation. Explain your innovative ideas in designing of the three principal components that are needed in Internet-based learning environtment.
4.Explain several benchmarks which are needed for quality assurance process relating to ICT based learning.
Good Luck!
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusYth. Bapak Dr. Syamsurizal, M.Si
BalasHapusPengampu MK. Landasar TIK
MTP UNJA
Bersama ini saya sampaikan jawaban ujian akhir semster 1 dalam bahasa inggris melalui blog saya berikut: http://sugiyanto2612.blogspot.com Demikian atas perhatian bapak saya ucapkan terima kasih.
Dengan horamat,
BalasHapusBersama ini saya kirimkan jawaban ujian semester mata kuliah landasan TIK dalam pembelajaran melalui blog saya Http://jontravoltra.blogspot.com
Atas perhatian bapak sebelumnya saya ucapkan terimakasih.Wassalam
Kepada Yth:Bapak Dr.Syamsurizal,M.SI
BalasHapusdosen pengampu mata kuliah
landasan TIK dalam pembelajaran
Bersama ini saya kirimkan jawaban ujian semester mata kuliah landasan TIK dalam pembelajaran melalui blog saya http://jontravoltra.blogspot.com
Demikianlah atas perhatian bapak sebelumnya saya ucapkan terimakasih.salam hormat saya
1. Elemen penting dalam pengerak ICT adalah :
BalasHapus1. Institusi atau lembaga
Peranan institusi yang diwujudkan dalam bentuk kebijakan dan komitmen, sangat menentukan terselengagaranya pemamfaatan intenet untuk pembelajaran disekolah. Institusi yang paling pertama dituntun memiliki komitmen dalam memperdayakan intenet untuk pembelajaran tentu saja adalah sekolah.
2. Guru atau pendidik
Keberhasilan pembelajaran berbasis internet ini secara signifiakan ditentukan oleh karakteristik guru-guru yang akan terlibat dalam pemamfaatan internet. Dari berbagai pengalaman menunujukan bahwa inisiatif pemanfaatan internet di sekolah justru banyak datang dari gugu-guru yang mememilki kesadaran lebih awal tentang potensi internet guna menunjang proses pembelajaran.
3. Peserta didik
Mengenai peserta didik yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan pula ialah mengetahui sejauh mana kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan intenet yang akann diselenggarakan.
4. Infrastruktur dan Teknologi
Faktor teknologi merupakan suatu hal yang juga mutlak harus tersedia dan harus memenuhi standar minimal yang perlu dipersyaratkan, baik yang berkaitan dengan peralatan, infrastruktur, pengoperasian dan perawatannya.
2. Standar kualitas pendidikan jarak jauh meliputi :
BalasHapus1. Menjadi Pusat kegiatan peserta didik .
Sebagai community web distance learning maka ia harus bisa menjadi sarana bagi pusat kegiatan peserta didik,diantaranya menambah kemampuan, membaca materi kuliah,mencari informasi, dan sebagainya. Untuk itu , institusi perlu merancang sebaik mungkin web yang disajikan sehingga bisa menampung semua kebutuhan peserta didik. Institusi juga harus membuka diri kepada para peserta didik sehingga penjaringan ide bagi pengembangan aplikasi yang ada bisa berjalan lebih cepat.
2. Adanya Interaksi dalam grup.(Standar Proses)
Para peserta didik harus bisa saling berinteraksi satusama lain walaupun tidak berada pada satu tempat /ruangan yang sama.Mereka bisa saling berdiskusi tentang materi yang diberikan oleh para pengajar.Dosen bisa hadir dalam diskusi ini dengan memberikan ulasan awal sebelum diskusi dimulai. Oleh karena itu, instusi yang benar-benar terjun dalam poladistance learning harus pula mempersiapkan aplikasi yang bisa menjalininteraksi antara semua komponen yang terlibat dalam pengajaran baikan .Karena dalam distance learning peserta didik tidak hadir secara fisik pada institusiyang ada maka format administrasi yang perlu dibangun akan lebih komplek biladibandingkan pola pengajaran konvensial.
3. Adanya Evaluasi materi.( Standar evaluasi)
Evaluasi sangat perlu dilakukan agar peserta didik maupun institusi pengajaran bisa mengetahui sejauh mana efektifitas pengajaran yang dilakukan. Evaluasi ini juga membantu peserta didik dalam mengetahui tingkat pemahaman materi yang disajikan.
4. Adanya Perpustakaan digital. (Standar Sarana)
Dalam distance learning, perpustakaan digital merupakan hal yang wajib. Tanpa adanya perpustakaan digital maka peserta didik akan mengalami kesulitan dalam mencari literarut yang dibutuhkan dalam proses pengajaran. Ketidakhadiran perpustakaan digital akan sangat menurunkan kualitas pengajaran yang ada karena peserta didik tidak mampu hadir secara fisik untuk memperoleh sumber informasi pengajaran yang dimiliki perpustakaan digital hendaknya tidak hanya berupa buku, tetapi juga literasi berbentuk video, dan image.
5. Adanya Materi online pendukung lainnya.
Selain perpustakaan digital yang menyajikan sumber ilmu yang dimiliki oleh institusi pengajaran, peserta didik juga harus diberi link ke sumber informasi lannya. Situs-situs pendukung yang sekiranya mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang adaperlu disajikan dalam aplikasi distance learning, peserta didik juga harus diberikan kesempatan untuk bisa mengisikan link pada aplikasi distance learning sehingga peserta didik lain bisa memperoleh manfaat yang lebih progresif. Dengan keterlibatan peserta didik, diharapkan tumbuh loyalitas untuk saling berbagi informasi sehingga bisa membantu peserta didik lain dalam memperoleh manfaat dari distance learning ini.
3. Ide-ide inovatif dalam pembelajaran ICT dalam tahap-tahap sebagai berikut :
BalasHapus1. Perencanaan
• Sediakan proses manajemen untuk menjamin kualitas dan hasil pengerahan sumber daya secara efektif untuk mendukung terkait desain, pengembangan dan evaluasi kegiatan.
• Sediakan infrastruktur yang handal dan sesuai, sistem dan adanya layanan dukungan.
2.Pembelajaran
• Pastikan bahwa ajaran berpusat pada murid dan fokus pembelajaran tidak terancam dengan dimasukkannya oleh teknologi.
• Bangun kompetensi guru dan pelajar dan keyakinan bahwa pada gilirannya pastikan penggunaan teknologi yang tepat sebagai bagian dari mengajar dan usaha dalam belajar.
3.Evaluasi.
Evaluasi sangat perlu dilakukan agar peserta didik maupun institusi pengajaran bisa mengetahui sejauh mana efektifitas pengajaran yang dilakukan. Evaluasi ini juga membantu peserta didik dalam mengetahui tingkat pemahaman materi yang disajikan. Format penilaianya dan penyampaian tugas siswa ke progam/guru harus dirancang dan dibuat secara baik untuk meminimalkan praktek-praktek kecurangan. Guru harus dapat mengidentifikasi bahwa tugas tersebut memang benar dikerjakan oleh siswa yang bersangkutan atau tidak.
4. Tolak ukur yang diperlukan dalam pembelajaran berbasis ICT adalah :
BalasHapus1. Fleksibel, baik dalam pemberian kesempatan untuk memilih isi setiap mata pelajaran yang disajikan, juga variasi serta penempatannya untuk diakses. Selain itu fleksibel dalam pemanfaatannya yang bisa dikelas, secara individual atau secara kelompok kecil. Fleksibel penggunaan waktu yang cocok untuk semua orang.
2. Interaktif yaitu bersifat komunikasi dua arah, artinya program ini memberikan kesempatan kepad peserta didik untuk memberikan respon, dan melakukan berbagai aktifitas yang akhirnya juga bisa direspon balik oleh program multimedia dengan suatu balikan atau feedback.
3. Individual, yaitu bersifat melayani kecepatan belajar individu, artinya program dirancang dan disediakan untuk memenuhi minat dan kebutuhan belajar individu peserta didik.
4. Content-rich. Yaitu bersifat kaya isi, artinya program ini menyediakan isi informasi yang cukup banyak, bahkan berisi materi pelajaran yang sifatnya pengayaan dan pendalaman.
pak jawaban no 1..Elemen-elemen penting penggerak ICT yaitu:
BalasHapusa.Institusi atau lembaga.
Peranan institusi yang diwujudkan dalam bentuk kebijakan dan komitmen,sangat menentukan terselenggaranya pemanfaatan internet untuk pembelajaran di sekolah.Institusi yang paling pertama dituntut memiliki komitmen dalam memperdayakan internet untuk pembelajaran tentu saja adalah Sekolah.
b.Karakteristik Guru atau pendidik.
Keberhasilan pembelajaran berbasis internet ini secara signifikan ditentukan karakteristik guru-guru yang akan terlibat dalam pemanfaatan internet.Dan beberapa pengalaman menunjukan bahwa inisiatif pemanfaatan internet di sekolah, justru banyak datang dari guru-guru yang memiliki kesadaran lebih awal tentang potensi internet guna menunjang proses pembelajaran.
c.Kondisi peserta didik.
Peserta didik yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan pula ialah mengetahui sejauh mana kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan memanfaatakan internet yang akan diselenggarakan.
d.Faktor Teknologi
Faktor teknologi merupakan suatu hal yang juga mutlak harus tersedia dan harus memenuhi standar minimal yang perlu dipersyaratkan,baik yang berkaitan dengan peralatan,infrastruktur’
pak jawaban no 2.menurut pendapat saya pendidikan jarak jauh boleh ada di Indonesia walaupun belum ada pengakuan dari pemerintah. Pengakuan yang diharapkan itu haruslah sesuai dengan tuntutan di Indonesia bahwa harus ada sertifikat setelah selesai kuliah. Serta masyarakat juga menuntut agar ada pengakuan di seluruh dunia bahwa orang yang tamatan sekolah virtual bisa diterima di perusahaan-perusahaan dan lapangan kerja lainnya. Beberapa standar mutu mutlak diperlukan untuk pendidikan jarak jauh (virtual) diantaranya; (1) pengakuan dari pemerintah berupa sertifikat yang bisa digunakan nanti untuk masuk ke dunia kerja, (2) fasilitas yang memadai untuk mendukung sekolah virtual itu ada. (3) jikalau sekolah virtual itu banyak manfaatnya maka harus diberikan sarana dan prasarana teknologi pendidikan yang lengkap dan up to date.
BalasHapusKepada Yth. Bpk Syamsurizal,M.Si
BalasHapusDosen Pengampu Mata Kuliah Landasan TIK
MTP UNJA
Bersama ini saya sampaikan lembar jawaban soal ujian akhir semester I melalui blog saya :
http://mariyadimtp.wordpress.com
jawaban no.3a.Perencanaan
BalasHapusPerencanaan pembelajaran dilaksanakan agar mendapatkan hasil pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Pembelajaran yang di desain dengan baik akan mendapatkan hasil pembelajaran yang baik juga.
b.Pembelajaran
seperti yang sudah kita ketahui bahwa sekarang ini kita harus menerapkan student center. Student center dilaksanakan agar guru tidak lagi mendominasi pembelajaran. Tapi pebelajar diharapkan aktif dan penuh makna.
c.Evaluasi
evaluasi dilakukan agar kita mengetahui sejauh mana pembelajaran itu telah disampaikan. Guru dapat mengukur katercapaian pembelajaran anak didik mereka.
jawaban no 4.Tolak ukur yang diperlukan dalam pembelajaran berbasis ICT adalah:
BalasHapusStandar kualitas pendidikan jarak jauh meliputi:
1.Fleksibel dalam pemberian kesempatan untuk memilih isi setiap mata pelajaran yang disajikan,juga variasi serta penempatannya untuk diakses.Fleksibilitas penggunaan waktu juga merupakan ciri yang menonjol sehingga bisa cocok untuk semua orang.
2.Self-pacing yaitu bersifat melayani kecepatan belajar individu,artinya kecepatan waktu pemanfaatannya sangat tergantung kepada kemampuan dan kesiapan masing-masing peserta didik
yang menggunakannya.
3.Conten-rich yaitu bersifat kaya isi,artinya program ini menyediakan isi informasi yang cukup banyak,bahkan berisi materi pelajaran yang sifatnya pengayaan dan pendalaman ,dan juga memberikan rincian lebih lanjut dari isi materi atau elaborasi isi materi yang disiapkan bagi peserta didik yang ingin belajar lebih banyak.
4.Interaktif,yaitu bersifat komunikasi dua arah artinya program ini memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk memberikan respon oleh program multimedia dengan suatu balikan.
5.Individual,yaitu bersifat melayani kecepatan belajar individu,artinya program multimedia sudah dirancang untuk memenuhi minat dan kebutuhan belajar individu peserta didik.
ass...
BalasHapuspak jawaban UAS saya ada di blog...
http.//rina-hasrinawati.blogspot.com
jawaban no 1.1. Elemen penting dalam pengerak ICT adalah :
BalasHapus1. Institusi atau lembaga
Peranan institusi yang diwujudkan dalam bentuk kebijakan dan komitmen, sangat menentukan terselengagaranya pemamfaatan intenet untuk pembelajaran disekolah. Institusi yang paling pertama dituntun memiliki komitmen dalam memperdayakan intenet untuk pembelajaran tentu saja adalah sekolah.
2. Guru atau pendidik
Keberhasilan pembelajaran berbasis internet ini secara signifiakan ditentukan oleh karakteristik guru-guru yang akan terlibat dalam pemamfaatan internet. Dari berbagai pengalaman menunujukan bahwa inisiatif pemanfaatan internet di sekolah justru banyak datang dari gugu-guru yang mememilki kesadaran lebih awal tentang potensi internet guna menunjang proses pembelajaran.
3. Peserta didik
Mengenai peserta didik yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan pula ialah mengetahui sejauh mana kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan intenet yang akann diselenggarakan.
4. Infrastruktur dan Teknologi
Faktor teknologi merupakan suatu hal yang juga mutlak harus tersedia dan harus memenuhi standar minimal yang perlu dipersyaratkan, baik yang berkaitan dengan peralatan, infrastruktur, pengoperasian dan perawatannya.
no.22. Standar kualitas pendidikan jarak jauh meliputi :
BalasHapus1. Menjadi Pusat kegiatan peserta didik .
Sebagai community web distance learning maka ia harus bisa menjadi sarana bagi pusat kegiatan peserta didik,diantaranya menambah kemampuan, membaca materi kuliah,mencari informasi, dan sebagainya. Untuk itu , institusi perlu merancang sebaik mungkin web yang disajikan sehingga bisa menampung semua kebutuhan peserta didik. Institusi juga harus membuka diri kepada para peserta didik sehingga penjaringan ide bagi pengembangan aplikasi yang ada bisa berjalan lebih cepat.
2. Adanya Interaksi dalam grup.(Standar Proses)
Para peserta didik harus bisa saling berinteraksi satusama lain walaupun tidak berada pada satu tempat /ruangan yang sama.Mereka bisa saling berdiskusi tentang materi yang diberikan oleh para pengajar.Dosen bisa hadir dalam diskusi ini dengan memberikan ulasan awal sebelum diskusi dimulai. Oleh karena itu, instusi yang benar-benar terjun dalam poladistance learning harus pula mempersiapkan aplikasi yang bisa menjalininteraksi antara semua komponen yang terlibat dalam pengajaran baikan .Karena dalam distance learning peserta didik tidak hadir secara fisik pada institusiyang ada maka format administrasi yang perlu dibangun akan lebih komplek biladibandingkan pola pengajaran konvensial.
Perlu dikembangkan juga aplikasi yang memungkinkan peserta didikuntuk mengetahui statusnya(prestasi), jumlah SKS (Sistem Kredit Semester) yang telah ditemouh, mata kuliah yang akan diambil pada semester selanjutnya, cara pembayaran biaya pengajatran, dan sebagainya. Hal yang tidak boleh dilupakan oleh institusipengajaran adalah jaminan keamanan terhadap data pribadi para peserta didik. Kerahasiaan data ini mutlak dan institusai tidak berhak menjualnya kepada pihak lain. Institusi pengajaran perlu melengkapi diri dengan aplikasi pengamanan jaringan internet (seperti firewall, enkripsi data dan sebagainya). Aplikasi keamanan jaringan akan mengurangi peluang kebocoran data peserta didik yang beresiko tinggi apabila berhadapan dengan pihak-pihak tak bertanggung jawab.
3. Adanya Evaluasi materi.( Standar evaluasi)
Evaluasi sangat perlu dilakukan agar peserta didik maupun institusi pengajaran bisa mengetahui sejauh mana efektifitas pengajaran yang dilakukan. Evaluasi ini juga membantu peserta didik dalam mengetahui tingkat pemahaman materi yang disajikan.
4. Adanya Perpustakaan digital. (Standar Sarana)
Dalam distance learning, perpustakaan digital merupakan hal yang wajib. Tanpa adanya perpustakaan digital maka peserta didik akan mengalami kesulitan dalam mencari literarut yang dibutuhkan dalam proses pengajaran. Ketidakhadiran perpustakaan digital akan sangat menurunkan kualitas pengajaran yang ada karena peserta didik tidak mampu hadir secara fisik untuk memperoleh sumber informasi pengajaran yang dimiliki perpustakaan digital hendaknya tidak hanya berupa buku, tetapi juga literasi berbentuk video, dan image.
5. Adanya Materi online pendukung lainnya.
Selain perpustakaan digital yang menyajikan sumber ilmu yang dimiliki oleh institusi pengajaran, peserta didik juga harus diberi link ke sumber informasi lannya. Situs-situs pendukung yang sekiranya mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang adaperlu disajikan dalam aplikasi distance learning, peserta didik juga harus diberikan kesempatan untuk bisa mengisikan link pada aplikasi distance learning sehingga peserta didik lain bisa memperoleh manfaat yang lebih progresif. Dengan keterlibatan peserta didik, diharapkan tumbuh loyalitas untuk saling berbagi informasi sehingga bisa membantu peserta didik lain dalam memperoleh manfaat dari distance learning ini.
jawaban no.33. Ide-ide inovatif dalam pembelajaran ICT dalam tahap-tahap sebagai berikut :
BalasHapus1. Perencanaan
• Pastikan bahwa ajaran berpusat pada murid dan fokus pembelajaran tidak terancam dengan dimasukkannya oleh teknologi.
• Bangun kompetensi guru dan pelajar dan keyakinan bahwa pada gilirannya pastikan penggunaan teknologi yang tepat sebagai bagian dari mengajar dan usaha dalam belajar.
• Sediakan proses manajemen untuk menjamin kualitas dan hasil pengerahan sumber daya secara efektif untuk mendukung terkait desain, pengembangan dan evaluasi kegiatan.
• Sediakan infrastruktur yang sesuai, sistem dan adanya layanan dukungan.
2.Pembelajaran di fokuskan pada siswa.
3.Evaluasi digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam menerima pelajaran
jawaban no.44. Tolak ukur yang diperlukan dalam pembelajaran berbasis ICT adalah :
BalasHapus1. Fleksibel, baik dalam pemberian kesempatan untuk memilih isi setiap mata pelajaran yang disajikan, juga variasi serta penempatannya untuk diakses. Selain itu fleksibel dalam pemanfaatannya yang bisa dikelas, secara individual atau secara kelompok kecil. Fleksibel penggunaan waktu yang cocok untuk semua orang.
2. Interaktif yaitu bersifat komunikasi dua arah, artinya program ini memberikan kesempatan kepad peserta didik untuk memberikan respon, dan melakukan berbagai aktifitas yang akhirnya juga bisa direspon balik oleh program multimedia dengan suatu balikan atau feedback.
3. Individual, yaitu bersifat melayani kecepatan belajar individu, artinya program dirancang dan disediakan untuk memenuhi minat dan kebutuhan belajar individu peserta didik.
4. Content-rich. Yaitu bersifat kaya isi, artinya program ini menyediakan isi informasi yang cukup banyak, bahkan berisi materi pelajaran yang sifatnya pengayaan dan pendalaman.
Kepada Yth.Bapak Syamsurizal,MSi
BalasHapusDosen Pengampu Mata Kuliah Landasan TIK
MTP UNJA
Jawaban soal Ujian
1.There are several the key elements which play an important role as driving forces of ICT in the learning process. Explain the role of each elements and their relationship one another for ICT-based learning.
Jawab: Elemen penting dalam proses ICT dalam pembelajaran adalah :
a. Institusi atau lembaga .
Peranan lembaga yang diwujudkan dalam bentuk kebijakan dan komitmen, untuk pembelajaran disekolah, institusi yang paling pertama dituntut harus memiliki dan memperdayakan enternet untuk pembelajaran yang ada disekolah
b. Karakteristik Guru dan Pendidik.
Keberhasilan pembelajaran berbasis internet ini secara signifikan ditentukan oleh karakteristik guru yang terlibat dalam pemanfaatan internet. Pengalaman mewujutkan bahwa inisiatif pemanfaatan internet disekolah justru banyak datang dari guru-guru yang memiliki kesadaran lebih awal tentang potensi internet guna menunjang proses pembelajaran.
c. Kondisi Peserta Didik.
Yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah untuk melihat sejauh mana kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan
Internet guna menunjang proses pembelajaran.
d. Faktor teknologi.
Teknologi merupakan suatu hal yang harus tersedia dan harus memenuhi standar minimal pembelajaran yang berkaitan dengan infrastruktur peralatan, instruktur, pengoperasian dan perawatannya.
Sedangkan hubungan antara keempat elemen diatas adalah dalam suatu pembelajaran harus adanya empat elemen tersebut, karena satu sama lainya saling mengisi dan mendukung dalam kelancaran proses dan hasil sebuah pembelajaran yang diharapkan.
2.To ensure continuity of distance education in school and the graduates acquire an acknowledgment from the community and stakeholders. It is required quality standards in the implementation of distance education. Suggest some quality standards that are absolutely needed for distance education in school.
BalasHapusJawab : Standar kualitas dalam pelaksanaan pendidikan jarak jauh adalah :
a. Stndar Isi maksudnya Ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam criteria tentang kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian, kompetensi mata pelajaran, silabus mata pelajaran yang harus dipenuhi peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan terentu.
b. Standar pelayanan maksudnya tandar pelayanan pendidikan merupakan tolok ukur kinerja pelayanan pendidikan, sekaligus sebagai acuan dalam perencanaan program dan penganggaran pencapaian target masing-masing daerah.
c. Standar proses yaitu Standar proses pendidikan merupakan kriteria atau acuan yang harus di penuhi dalam pelaksanaan pembelajaran.Adanya acuan ini akan membantu tercapainya kompetensi lulusan. Sebagaimana definisi standar yakni kriteria minimum, maka standar proses pendidikan berisi kriteria minimun pelaksanaan proses pembelajaraan di Indonesia.
d. Standar evaluasi maksudnya Standar Evaluasi/Penilaian ini dilakukan oleh pendidik terhadap hasil pembelajaran untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik, serta digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian dilakukan secara konsisten, sistematik, dan terprogram dengan menggunakan tes dalam bentuk tertulis atau lisan, dan nontes dalam bentuk pengamatan kerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk, portofolio, dan penilaian diri. Penilaian hasil pembelajaran menggunakan Standar Penilaian Pendidikan dan Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran.
e. Legalitas artinya : legalitas pendidikan adalah dimana lembaga yg bergerak di bidang pendidikan syah menurut undang2 dan peraturan.dimana pendidikan tersebut dilindungi/dipayungi dgn berbagai dokumen hingga syah dimata hokum. contoh dokumen yg mendukung syahnya pendidikan tersebut adalah antara lain.: akte pendirian pendidikan baik pendidikan negeri maupun swasta tersebut oleh notaris dan di umumkan dilembaran negara, NPWP ijin lokasi, ijin lingkungan, dan banyak izin2 lainnya yang mendukung berdirinya lembaga pendidikan.
3.In order to design an Internet-based learning environment more conducive. It should be redesigned the online activities such as: courses, assignments and evaluation. Explain your innovative ideas in designing of the three principal components that are needed in Internet-based learning environtment.
BalasHapusJawab : Guru salah satu agen pembaharu hendaknya memiliki kecakapan tentang teknologi
informasi.Kebutuhan ilmu pengetahuan yang begitu kompleks, diharapkan guru mampu
menjembatani dengan memanfaat media internet. Pemanfaatan ini hendaknya senantiasa
melalui pengawasan atau control yang baik dari guru maupun orang tua agar siswa tidak
mengalami kesulitan atau kesalahan dalam memanfaatkan internet. Tiga ide-ide inovatif
dalam merancang komponen utama yang diperlukan dalam lingkungan pembelajaran
berbasis internet, adalah : Pembelajaran, Penugasan dan Evaluasi Penilaian.
a. Pola pemanfaatan net dengan cara:
1. Pemanfaatan laboraturium computer di sekolah diharuskan maksimal.
Bagi sekolah yang memiliki laboratorium computer yang tersambung ke internet
dapat memanfaatkan akses ini melalui klasikal maupun individual dengan bimbingan
2. Pemanfaatan kelas yang heterogen.
Jika belum memilki laboraturium dapat memanfaatkan computer, modem dan
LCD dengan cara presentasi di kelas.
3. Pola penugasan
Bagi sekolah yang belum memilki internet dapat memanfaatkan situs ini
dengan penugasan kepada siswa untuk mencari informasi di warnet. Hasil kerja anak
harus dikontrol dan cek sebagai tindakan penilaian dan pengawasan.
4. Pemanfaatan individual
Siswa diberi kesempatan untuk mengeksplor bahan belajar, pengetahuannya, dan
lain- lain di rumah dengan pengawasan orang tua.
5. Jadi pemanfaatan enternet harus selalu direvisi dalam pembelajaran dengan
menyesuiakan kemajuan teknologi.
b. Inovasi Guru
1. Inovasi guru dapat dilakukan dengan cara pendidikan maupun paksaan.
2. Guru terus kreatif dan mencari cara untuk membangun kreatifitas siswa.
3. Bahan ajar dipersiapkan secara matang.
4. Pelaporan hasil kerja siswa ditanggapi dan direspon untuk kemajuan pembelajar
5. Masyarakat harus terlibat secara langsung maupun tidak langsung sebagai alat control
guru dan siswa.
6. Orang tua, siswa, guru memanfaatkan internet untuk saling berinteraksi sehingga jarak
waktu tidak menjadi masalah.
c. Hasil Pembelajaran Internet
Pengembangan ilmu pengetahuan menjadi tanpa dibatasi ruang dan waktu sehingga orang tua dapat terlibat langsung dalam pengembangan ilmu pengetahuan tersebut.
4.Explain several benchmarks which are needed for quality assurance process relating to ICT based learning.
BalasHapusJawab : Jaminan kualitas dalam pembelajaran berbasis ICT, adalah :
a. Fleksibel maksudnya baik dalam pemberian kesempatan untuk kualitas isi disetiap mata pelajaran yang akan disajikan dan juga dalam penyampaian harus adanya variasi pembelajaran, serta penempatan untuk diakses, selain itu pleksibel dalam pemanfaatan yang tidak bisa dikelas baik secara individu maupun kelompok kecil, penggunaan waktu juga harus cocok dengan semua elemen.
b. Interaktif maksudnya komunikasi dua arah, program ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memberikan respon, dan melakukan berbagai aktivitas yang akhirnya bisa direspon oleh program multimedia.
c. Individual, yaitu sifatnya melayani kecepatan belajar secara individu, program ini juga dirancang dan disediakan untuk memenuhi minat kebutuhan individu dari peserta didik.
d. Content Rich maksudnya bersifat kaya isi program ini harus adanya isi-isi informasi yang cukup banyak dan harus berisi materi pelajaran yang sifatnya berupa pengayaan dan pendalaman.
Nama :INDRA FABRIYONO
BalasHapusNIM.A2E010035
KELAS B SEMESTER 1
UJIAN AKHIR LANDASAN TEKNOLOGI
INFOKOM PENDIDIKAN
DOSEN PENGAMPU: DR.SAMSU RIZAL, M.Pd
1.Elemen penting sebagai pendorong ICT adalah sebagai berikut:
• INFRASTRUKTUR
Infrastruktur merupakan elemen penting sebagai pendorong ICT. Infrastruktur merupakan hal yang harus dibutuhkan untuk menjalankan pembelajaran ICT.
• KONTEN
Merupakan apa yang akan dipelajari. Hal tersebut akan mendorong peenggunaan ICT. Konten yang ada akan mendorong penggunaan dalam ICT karena disana akan menyangkut strategi, metode, media penyampaian terutama dalam menggunakan ICT.
• GURU
Guru sebagai pendorong ICT karena guru berada dalam garis depan palaksanaan pembelajaran terutama berbasis ICT disekolah. Kini di era pendidikan berbasis TIK, peran Guru tidak hanya sebagai pengajar semata namun sekaligus menjadi fasilitator, kolaborator, mentor, pelatih, pengarah dan teman belajar bagi Siswa. Karenanya Guru dapat memberikan pilihan dan tanggung jawab yang besar kepada siswa untuk mengalami peristiwa belajar. Dengan peran Guru sebagaimana dimaksud, maka peran Siswa pun mengalami perubahan, dari partisipan pasif menjadi partisipan aktif yang banyak menghasilkan dan berbagi (sharing) pengetahuan/keterampilan serta berpartisipasi sebanyak mungkin sebagaimana layaknya seorang ahli. Disisi lain Siswa juga dapat belajar secara individu, sebagaimana halnya juga kolaboratif dengan siswa lain dalam menggunakan ICT.
• PESERTA DIDIK
Peserta didik merupakan elemen yang penting sebagi pendorong ICT dalam pembelajaran, hal ini disebabkan peserta didik merupakan pelaku dalam kegiatan yang berhubungan dengan ICT
• INTANSI/LEMBAGA
Dalam hal ini lembaga atau intansi merupakan wadah penyelenggaraan kegiatan yang merupakan salah factor kunci dalam mendorong ICT dalam proses pembelajaran, dimana pada instansi/lembaga terdapat kebijakan-kebijakan dan komitmen yang mendukung ICT dalam proses pembelajaran.
Agar ICT dapat diterapkan dalam proses pembelajaran maka harus ada interaksi dari semua elemen kunci yang mendorong ICT dalam proses pembelajaran
1. Empat elemen kunci penting dalam proses ICT dalam pembelajaran adlah :
BalasHapusa. Institusi atau lembaga
Peranan lembaga yang diwujudkan dalam bentuk kebijakan dan komitmen,untuk pembelajaran di sekolah, institusi yang paling pertama dituntut memiliki dalam memperdayakan internet untuk pembelajaran tentu saja sekolah.
b. Karakteristik Guru dan Pendidik
Keberhasilan pembelajaran berbasis internet ini secara signifikan ditentukan oleh karakteristik guru yang akan terlibat dalam pemanfaatan internet. Pengalaman mewujudkan bahwa inisiatif pemanfaatan internet di sekolah justru banyak datang dari guru-guru yang memiliki kesadaran lebih awal tentang potensi internet guna menunjang proses pembelajaran
c. Kondisi peserta didik
BalasHapusYang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah mengetahui sejauh mana kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegitan pembelajaran dengan memanfaatkan internet guna menunjang proses pembelajaran
d. Faktor teknologi atau infrastruktur
Faktor teknologi merupakan suatu hal yang perlu harus tersedia dan harus memenuhi standar minimal yang perlu dipersyaratkan baik yang berkaitan dengan peralatan, instruktur, pengoperasian dan perawatannya.
Hubungan antara masing –masing elemen saling mendukung dalam pembelajaran karena kalau salah satu elemen tidak ada keberhasilan dalam pembelajaran tidak tercapai secara maksimal.
2.To ensure continuity of distance education in school and the graduates acquire an acknowledgment from the community and stakeholders. It is required quality standards in the implementation of distance education. Suggest some quality standards that are absolutely needed for distance education in school.
Jawaban :
BalasHapusStandar kualitas yang dibutuhkan untuk sekolah pendidikan jarak jauh
a. Standar Isi
-. Berkaitan dengan materi pelajaran yang penting untuk diberikan pada peserra didik dalam program pendidikan jarak jaruh tersebut.
-. Materi pelajan haruslah menarik minat peserta didik
- Materi yang diberikan otentik, mutakhir
b. Standar pelayanan
- Pelayanan untuk bisa mengakses ke semua peserta didik harus lebih optimal karena peserta didik berada jauh dari guru
- Memberikan pelayanan yang baik kepada peserta didik dalam bimbingan pembelajaran
c. Standar proses
- Adanya acuan dalam pencapaian kompetensi lulusan yang sesuai dengan kurikulum sekolah pembelajaran jarak jauh
d. Standar evaluasi
- Penilaian yang diberikan kepada peserta didik harus sesuai dengan standar penilaian yang tidak merugikan peserta
- Penilaian sesuai dengan struktur yang ada dalam kurikulum yang berlaku
e. Legalitas
- Adanya pengakuan dari pemerintah dengan pemberian ijazah atau sertifikat bagi peserta didik yang sudah menamatkan pendidikan
- Pengakuan pemerintah tentang keberadaan lembaga pendidikan jarak jauh tersebut bermutu
Pak,Maaf, Jawabannya berangsur-angsur. Jawaban yang utuh dapat dilihat pada alamat : http://saparudin-catatankecilbermimpibesar.bolgspot.com
BalasHapusNama: Amelia
BalasHapusAngkatan: VII/B
1. Unsur-unsur penting yang berperan sebagai penggerak ICT adalah….
a. Institusi atau lembaga
Peranan institusi sangat menentukan terselenggaranya pemanfaatan internet untuk pembelajaran di sekolah. Institusi dituntut memiliki komitmen dalam pendayagunaan internet dalam pembelajaran. Terutama dalam penggunaan teknologi informasi yang menyangkut keharusan menyediakan sejumah dana untuk menyediakan peralatan, seperti computer dengan kelengkapanya, jaringan, line telepon, biaya berlangganan ke internet, biaya penggunaan telepon dan lain sebagainya.
b. Karakteristik guru
Guru sangat berperan dalam keberhasilan pemanfaatan internet di sekolah, seorang guru harus berinisiatif dalam dalam pemanfaatan internet di sekolah. Keberhasilan pembelajaran internet di sekolah ditentukan oleh karakteristik seorang guru.
c. Kondisi peserta didik
Kondisi peserta didik tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan, yaitu dengan mengetahui sejauh mana tingkat kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang berbasis ICT. Kalau penggunaan internet merupakan sesuatu yang baru bagi mereka, maka perlu adanya upaya untuk mengkondidikan agar peserta didik siap berpartisipasi secara aktif dalam system pembelajaran yang baru.
d. Infrastruktur
Dalam pemanfaatan internet untuk pembelajaran di sekolah dengan baik, harus tersedia sejumlah komputer yang bisa mengakses internet. Hal ini agar guru dan siswa bisa mengakses internet dengan muda.
amelia, angkatan VII/B
BalasHapus3. Ide-ide inovatif dalam merancang tiga komponen utama yang dibutuhkan dalam lingkungan pembelajaran internet.
• Pembelajaran
Pembelajaran berbasis TIK berbeda dengan dengan pembelajaran konvensional. Untuk merancang pembelajaran berbasis ICT guru harus memiliki pengetahuan yang luas tentang internet, dapat memanfaatkan sumber belajar seluas mungkin. Guru dapat mencari informasi untuk mengembangkan materi pembelajaran dari internet, serta dapat menggunakan media yang efektif dan menarik.
• Penugasan
Tugas yang dirancang sedapat mungkin mengharuskan siswa berhubungan dengan internet. Misalnya
• Penilaian
Penilaian dilakukan agar peserta didik maupun institusi mengetahui sejauh mana efektivitas pengajaran yang dilakukan. Penilaian juga membantu peserta didik dalam mengetahui tingkat pemahaman materi yang disajikan.
Amelia, angkatan VII/B
BalasHapus4. Bencmark yang diperlukan untuk proses jaminan kualitas yang berkaitan dengan pembelajaran berbasis ICT…..
a. Kompetensi guru
Supaya kualitas pembelajaran berbasis ICT dapat terjamin maka harus yang diperhatikan adalah karakteristik guru. Guru harus memiliki kompetensi dalam pengintegrasian ICT dalam pembelajaran, memiliki sikap positif dan tidak resistan terhadap perkembangan.
b. Dukungan teknis
Dukungan teknis dalam melaksanakan pembelajaran berbasis ICT dapat membantu guru tanpa harus kehilangan banyak waktu karena harus memperbaiki masalah-masalah yang mengganggu yang berkaitan dengan perangkat lunak dan perangkat keras.
c. Dukungan infrastruktur
Kelengkapan sarana dan prasarana dalam pembelajaran berbasis ICT sangat diperlukan. Karena kurangnya peralatan dan akses pendukung merupakan hambatan dalam penerapan pembelajaran berbasis ICT, menyebabkan munculnya sikap guru yang negatif.
d. Kurikulum
Kurirkulum yang disusun dan dipakai semaksimal mungkin menggunakan sumber belajar berbasis ICT.
2. Standar mutu yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pendidikan jarak jauh adalah
BalasHapusa. Standar pelayanan
Standar pelayanan merupakan satndar yang harus dimiliki dalam pelaksanaannya melayani kebutuhan para siswanya. Baik itu melayani mengenai administrasi, informasi yang berkaitan dengan pembelajaran, melayani peserta didik jika menghadapi permasalahan atau pelayanan konsultasi terhadap permasalahan peserta didik dan lain sebagainya
b. Standar isi
Standar isi merupakan standar yang berkaitan mengenai materi yang disampaikan. Standar ini mengenai bagaimana materi yang terdapat dalam pendidikan jarak jauh mengakomodir semua tujuan pembelajaran dan dapat dengan mudah diakses oleh peserta didik.
c. Standar proses
Standar proses merupakan standar yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan jarak jauh dimana terdapat interaksi antara tutor dan peserta didik dalam proses pembelajaran.
d. Standar penilaian/evaluasi
Standar penilaian/evaluasi merupakan standar mengenai cara penilaian hasil belajar siswa. Dimana hasil evaluasi tersebut juga bersifat sahih dan transparan.
e. Standar legalitas
Standar legalitas merupakan standar yang harus dipenuhi, dimana proses pembelajaran yang dilakukan mendapat pengakuan/legalitas dari masyarakat.
Amelia, angkatan VII/B
BalasHapus2. Standar mutu yang mutlak diperlukan untuk pendidikan jarak jauh di sekolah adalah…
a. Standar isi
Pengembangan materi sesuaikan dengan kebutuhan siswa
b. Guru
Guru harus mempunyai kompetensi mengelola pendidikan jarak jauh
c. Siswa
Siswa harus mempunyai motivasi dan tanggung jawab dalam mengikuti pendidikan jarak jauh
d. Infrastruktur
Pendidikan jarak jauh membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai agar program yang sudah direncanakan berjalan dengan baik.
e. Standar pelayanan
Pelayanan yang diberikan harus memudahkan siswa dalam pembelajaran dalam mengakses internet.
a. Fleksibel
BalasHapusDalam proses penyampaian konten berkualitas pada proses pembelajaran harus disertai dengan variasi pembelajaran yang dapat disampaikan baik secara individu maupun kelompok. Karena itu, pembelajaran harus fleksibel dan tidak terbatas pada waktu da ruang.
b. Interaktif.
Interaksi dikembangkan dalam pendidikan jarak jauh adalah komunikasi dua arah antara pelajar untuk belajar terjadi tanggapan dari peserta didik
dalam proses pembelajaran. Interaksi dan komunikasi yang dikembangkan harus terbuka dan memungkinkan penggunaan teknologi infomrasi untuk mempercepat proses interaksi dalam belajar.
c. Individu.
Meskipun belajar terbuka, tetapi layanan kepada individu dalam proses pembelajaran harus dikembangkan terutama pada penilian kemajuan siswa. Pelayanan individu juga dikembangkan untuk mengatasi masalah upaya individu dalam belajar menggunakan ICT.
d. Informasi Kaya
Dalam pembelajaran jarak jauh harus memastikan bahwa sumber belajar dalam bentuk bahan dan informasi yang dibutuhkan harus tersedia secara luas dan dapat diakses dengan mudah oleh siswa dimanapun mereka berada. Dengan demikian, penggunaan ICT dalam jarak pembelajarab kaya akan informasi pada desain pembelajaran sehingga untuk menghindari kebosanan bagi siswa dan juga dapat diperkaya dan bahan pendalam dengan mereka bahwa usaha mereka sendiri.
INDRA FABRIYONO KELAS B ANGK VII
BalasHapus4. Benchmark (tolak ukur )yang dibutuhkan untuk menjamin kualitas proses yang berhubungan dengan pembelajaran berbasis ICT adalah sebagai berikut..
a. konten:
tolak ukur jika dilihat dari konten merupakan apa yang akan dipelajari dalam kegiatan pembelajaran terutama pembelajaran berbasis ICT yang tertuang dalam kurikulum.
b. kompetensi guru
kompetensi guru merupakan salah factor terpenting karena guru berada digaris depan pembelajaran berbasis ICT yang dituntut mampu memberikan pengarahan dalam melakukan pembelajaran.
c. infrastruktur
infrastruktur yang memadai dan mendukung akan memberikan keberhasilan dalam melaksanakan pembelajaran berbasis ICT
d. dukungan tenaga ahli
dukungan tenaga ahli merupakan salah satu factor penting sebagai tolak ukur untuk menjamin kualitas proses pembelajaran berbasis internet. Dimana dalam pelaksanaan embelajaran dari persiapan, hingga pelaksanaan pembelajaran didukung oleh para ahli yang kompeten.
e. aspek social
aspek social disini dimaksudkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran hendaknya memiliki dampak positif yang apat mengakomodir seluruh elemen disekolah baik itu orang tua, siswa, guru dan masyarakat disekitar sekolah
indra fabriyono kelas B angkatan VII
BalasHapus3. ide-ide innovative dalam merancang tiga komponen utama dalam lingkungan belajar berbasis internet adalah sebagai
a. Pembelajaran
pada komponen pembelajaran dalam lingkungan belajar berbasis internet bisa diajukan ide-ide sebagai berikut:
• pembelajaran memberikan otonomi bagi peserta didiknya untuk menemukan gaya belajarnya sendiri
• hendaknya pembelajaran berbasis internet dibuat agar peserta didik dapat membangun pemikirannya dan menumbuhkan ide-ide kritis
• pembelajaran yang diberikan bersifat kontekstual dan sesuai karakteristik siswa
• pembelajaran memberikan pengalaman belajar yang dapat digunakan peserta didik dalam menghadapi permasalahan-permsalahan yang ditemuinya.
b. Penugasan
pada komponen penugasan dalam lingkungan belajar berbasis internet bisa diajukan ide-ide sebagai berikut:
• penugasan yang diberikan kepada siswa pada pembelajaran berbasis internet memudahkan siswa dalam mengkasesnya dan penugasan bersifat konstruktivis.
• Penugasan diberikan hendaknya bersifat kontekstual.
c. Evaluasi penilaian
evaluasi yang dilakukan menggambarkan kefektivitasan pembelajaran dan meningkatkan mutu pembelajaran
REFLI KELAS B ANGK VII
BalasHapus3. Ide-ide inovatif dalam merancang dari tiga komponen utama yang diperlukan dalam lingkungan pembelajaran berbasis internet.
Jawaban:
a. Merancang pembelajaran
Teruma kegiatan belajar belajar materi harus diberikan dalam bentuk e-learning menggunakan web, blog atau aplikasi internet lainnya yang memungkinkan bagi siswa untuk mencari informasi secara luas melalui internet. Kuliah mengurangi aktivitas dan kegiatan mandiri diperbanyak.
b. Merancang tugas
Tugas dirancang dan didesain dengan menggunakan aplikasi komputer dengan media visual, siswa bekerja secara individu maupun kelompok dengan menggunakan internet.
c. Merancang sistem penilaian
Sistem Penilian dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak aplikasi pada komputer, dimana siswa dapat mencari dan menjawab pertanyaan ujian dengan menggunakan komputer. Selain itu, respon material terhadap masalah yang dibuat oleh para siswa dapat mencari melalui internet.
4. Tolak Ukur yang diperlukan untuk proses jaminan kualitan yang berkaitan dengan pembelajaran Berbasis ICT
a. Fleksibel
Dalam proses penyampaian konten berkualitas pada proses pembelajaran harus disertai dengan variasi pembelajaran yang dapat disampaikan baik secara individu maupun kelompok. Karena itu, pembelajaran harus fleksibel dan tidak terbatas pada waktu da ruang.
b. Interaktif.
Interaksi dikembangkan dalam pendidikan jarak jauh adalah komunikasi dua arah antara pelajar untuk belajar terjadi tanggapan dari peserta didik
dalam proses pembelajaran. Interaksi dan komunikasi yang dikembangkan harus terbuka dan memungkinkan penggunaan teknologi infomrasi untuk mempercepat proses interaksi dalam belajar.
c. Individu.
Meskipun belajar terbuka, tetapi layanan kepada individu dalam proses pembelajaran harus dikembangkan terutama pada penilian kemajuan siswa. Pelayanan individu juga dikembangkan untuk mengatasi masalah upaya individu dalam belajar menggunakan ICT.
d. Informasi Kaya
Dalam pembelajaran jarak jauh harus memastikan bahwa sumber belajar dalam bentuk bahan dan informasi yang dibutuhkan harus tersedia secara luas dan dapat diakses dengan mudah oleh siswa dimanapun mereka berada. Dengan demikian, penggunaan ICT dalam jarak pembelajarab kaya akan informasi pada desain pembelajaran sehingga untuk menghindari kebosanan bagi siswa dan juga dapat diperkaya dan bahan pendalam dengan mereka bahwa usaha mereka sendiri.
Jawaban
BalasHapusUjian Akhir Semester I
Mata Kuliah : Mata Kuliah Landasan Teknologi Dan Komunikasi Pendidikan
Nama : R E F L I
NIM :A2E010002
Kelas /Angkatan : B / VII
1. Empat elemen-elemen kunci yang memainkan peranan penting sebagai penggerak ICT dalam proses pembelajaran dan hubungannya satu sama lain untuk pembelajaran berbasis ICT. (Plomp et al, 1996;. Voogt
dan Odenthal, 1997)
Adalah ; Guru, Siswa sebagai pembelajar, Konten pembelajaran dan Materi pembelajaran . Dimensi horizontal merupakan hubungan antara pelaku dalam proses belajar: guru dan pelajar. Dimensi vertikal merupakan infrastruktur pembelajaran, yang terdiri dari konten dalam hal apa yang harus dipelajari dan bahan belajar, termasuk infrastruktur ICT. Proses pembelajaran berlangsung di penampang dimensi ini, sebagai hasil dari interaksi antara empat gaya pendorong: guru, pelajar, isi dan bahan. Dimensi horizontal merupakan hubungan antara pelaku dalam proses belajar: guru dan pelajar. Dimensi vertikal merupakan infrastruktur pembelajaran, yang terdiri dari konten dalam hal apa yang harus dipelajari dan bahan belajar, termasuk infrastruktur ICT. Proses pembelajaran berlangsung di penampang dimensi ini, sebagai hasil dari interaksi antara empat gaya mengemudi: guru, pelajar, isi dan bahan.
2. Standar kualitas dalam pelaksanaan pendidikan jarak jauh.
1. Dukungan kelembagaan,
2. Pengembangan Kursus,
3. Pengajaran dan Pembelajaran,
4. Struktur Pelajaran,
5. Perawatan,
6. Dukungan dan Evaluasi Fakultas dan Penilaian
* diserahkan ke isi kursus online untuk proses pengambilan keputusan kolektif normal.
* Perkembangan tentu saja harus mencakup hasil belajar teknologi tepat guna.
* Perkembangan tentu Saja Harus mencakup Hasil belajar Teknologi tepat guna.
* Bahan Pengajaran Secara Berkala ditinjau untuk memastikan program berkelanjutan mereka Harus memenuhi standar.
* Program harus dirancang sedemikian rupa sehingga siswa terlibat dalam analisis, sintesis dan evaluasi dalam program kursus dan persyaratan.
* Program dirancang sedemikian rupa sehingga analisis siswa kesiswan terlibat, sintesis kesiswaan Evaluasi program dan persyaratan dan kursus.
* Desain program dan perangkat lunak yang digunakan harus mendukung fungsi, termasuk dukungan dan menentukan batas-batas interaksi bantuan online.
* Desain program dan perangkat lunak Yang Harus perlengkapan mendukung fungsi, termasuk dukungan dan menentukan Batas-Batas online Interaksi bantuan. Fungsi
* untuk mendukung program dan platform dan menentukan batas-batas interaksi online.
* fungsi untuk mendukung program dan platform Batas dan menentukan-online Batas Interaksi.
Herewith I submit my Answer to your Test
BalasHapusyou can see at (akhmadagoengwahyudin.blogspot.com)
Thanks for your attention.
Nama : Ervina
BalasHapusAngkatan : VII
Kelas : B
Assalamu’alaikum, Pak...
Saya akan coba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam ujian akhir semester ini.
1. Terdapat empat elemen kunci pendorong pengintegrasian ICT dalam pembelajaran, antara lain:
a. Infrastruktur
Berperan sebagai sumber media dan informasi yang akan memperkaya pembelajaran, mempermudah akses ke materi ajar, mengefisienkan waktu, mempermudah siswa mengakses informasi yang lebih rinci, dan meningkatkan kerjasama dengan cara menghubungkan antara satu sumber dengan sumber yang lain.
b. Konten
Berperan sebagai target dan tujuan pembelajaran.
c. Guru
Berperan sebagai pencipta kondisi pembelajaran. Guru bertanggung jawab untuk mewujudkan keserasian antara profesionalitas terhadap dirinya sendiri, siswanya, tujuan pembelajarannya dan materi ajarnya.
d. Pelajar
Berperan sebagai pengukur hubungan antara karakteristik dengan kebutuhan siswa, juga untuk memonitor tingkat penguasaan dan pemahaman metakognisi.
Jadi, keempat elemen ini saling mendukung satu sama lain, agar ICT dapat diintegrasikan secara maksimal dalam pembelajaran.
2. Terdapat beberapa standar kualitas yang dibutuhkan untuk pendidikan jarak jauh, antara lain:
BalasHapusa. Perencanaan yang jelas.
b. Infrastruktur yang memadai.
c. Sistem pendukung yang baik untuk staff dan siswa, termasuk pelatihan dan informasi tertulis.
d. Saluran komunikasi yang baik antara staff dan siswanya.
e. Umpan balik terhadap siswa dalam pembelajaran.
f. Standar yang jelas untuk pengembangan pembelajaran.
g. Proses penilaian yang berkelanjutan dengan input siswa yang kuat.
Selain itu, secara garis besar sekolah juga harus memiliki standar kualitas sbb:
a. Standar isi.
Yaitu standar yang mencakup ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang disesuaikan dengan jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
b. Standar pelayanan.
Yaitu standar kinerja pelayanan pendidikan sebagai acuan dalam perencanaan program dan pencapaian target pendidikan.
c. Standar proses.
Yaitu standar proses pendidikan merupakan kriteria atau acuan yang harus di penuhi dalam proses pembelajaran.
d. Standar evaluasi.
Yaitu standar penilaian yang dilakukan oleh pendidik terhadap hasil pembelajaran, untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik, dan dapat digunakan untuk bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran.
e. Legalitas.
Yaitu keabsahan lembaga pendidikan menurut undang-undang dan peraturan.
3. Dalam merancang lingkungan pembelajaran berbasis internet, maka terdapat beberapa hal yang harus mengalami perubahan atau penyesuaian, antara lain:
BalasHapusa. Mendesain ulang pembelajaran.
Lebih difokuskan pada bagaimana mengubah pembelajaran tatap muka biasa menjadi pembelajaran online. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada kejadian di dunia nyata, kegiatan-kegiatan yang membutuhkan kerjasama, dan membangun keterampilan memecahkan masalah, dengan menggunakan media atau perangkat-perangkat berteknologi.
b. Mendesain ulang format penugasan.
Bisa dilakukan dengan cara membuat penugasan-penugasan untuk siswa, baik secara individu maupun kelompok dengan menggunakan media internet. Selain itu, siswa juga bisa diminta untuk mengumpulkan serta membandingkan pendapat beberapa orang ahli tentang suatu permasalahan, yang bahannya bisa mereka kumpulkan melalui internet.
c. Mendesain ulang format penilaian.
Bisa dilakukan dengan cara mendesain format penilaian, baik untuk nilai individu maupun nilai kelompok. Penilaian harus dilakukan dengan sangat teliti, karena masih terdapat celah atau permasalahan yang masih sulit untuk diatasi, seperti: plagiarisme maupun copy paste hasil tulisan orang lain. Jadi, penilaian bisa dilakukan dengan sistem portofolio, yang mana pada akhir pembelajaran, portofolio tersebut harus dipresentasikan untuk melihat penguasaan siswa atas hasil kerjanya tersebut.
4. Beberapa tolak ukur yang dibutuhkan untuk menjamin kualitas proses pembelajaran berbasis ICT, adalah sebagai berikut:
BalasHapusa. Menjadikan guru sebagai orang yang berkompetensi untuk menggunakan ICT.
b. Menjadikan guru berkompeten dalam menggunakan ICT sebagai perangkat mengajar.
c. Menjadikan guru berkompeten dalam menggunakan ICT sebagai perangkat berfikir.
d. Membuat guru menguasai pendekatan-pendekatan pembelajaran yang menggunakan ICT.
e. Membuat guru menguasai pendekatan-pendekatan penilaian yang menggunakan ICT.
f. Membuat guru mengerti dan memahami dimensi kebijakan dari penggunaan ICT untuk pembelajaran.
g. Membuat guru mengetahui dan memahami aspek-aspek sosial penggunaan ICT dalam pembelajaran.
Demikianlah, jawaban-jawaban yg bisa saya berikan pak...
Thank you so much for sharing with us in this semester. i hope we'll see u again in the next semester...
Pak Syam, jawaban saya ada juga di http://irwansmk2.blogspot.com
BalasHapusasskm Pak Sam mencoba masukin gambar, tapi belum bisa, lagi mencoba pak.
BalasHapusMalam pak,maafkan kami yang salah memposkan jawaban Ujian Semester kami,terima kasih atas perhatian bapak
BalasHapus